Wednesday, September 26, 2007

Rukun Islam itu berturutan ga sih?

Hari ini adalah hari 14 ramadhan (kalau tidak salah itung)...
seperti biasa, hal yg menarik buat gue liat adalah kebiasaan kelakuan orang2 karena ini bulan Ramadhan...
yang tadinya ga sholat jadi sholat 5 waktu...atau minimal untuk yang cowok jadi sholat Jumat
yang tadi nya ga pernah baca Quran sekarang jadi rajin (termasuk aku didalamnya)
yang biasanya pelit, sekarang jadi suka ngasih sedekah...

I'm not saying thats a bad thing...tapi memang selazimnya Ramadhan itu dijadikan ajang kita meningkatkan kembali amal ibadah dan ketaatan kita pada Yang Kuasa...
Melupakan sedikit duniawi untuk menambah porsi waktu untuk Akherat.

Kadang dalam hati gue mikir, yaa memang kodratnya manusia itu "kembali" kepada Nya...yang selama 11 bulan ini banyak berlaku dosa, maka di Ramadhan dia memohon ampunan..
tapiii.....gue suka ngerasa "percuma aja ibadah di Bulan Ramadhan kalau nanti abis lebaran balik lagi ke kelakuan semula"..
yang seharusnya Ramadhan itu sarana waktu untuk membentuk karakter baru dengan diberikannya motivasi2 oleh Allah SWT dengan iming2 pahala dan berkah yang banyak, tapi konsep ini sepertinya tidak sampai ke khalayak...mereka justru beranggapan bahwa Ramadhan ini sebagai waktunya nyuci dosa, karena di akhir bulan mereka percaya semua kembali ke fitrah.
Mungkin mereka benar, karena gue juga ga tau pasti dalilnya...ada yg bilang bahwa ga semua orang disucikan seperti layaknya bayi yang baru lahir..tapi sekali lagi, gue ga tau pasti...

Tapii...seandainya pun memang benar apa yang mereka kira bahwa Ramadhan itu membersihkan segala dosa kita, tetapi itu tetep ga jadi alasan buat orang2 ini berbuat dosa kembali di hari setelah ramadhan...emang mereka yakin masih akan ketemu Ramadhan?....

Anyway....yang sebenernya gue masih bingungin adalah...orang-orang yang puasa dan ikut sholat jumat tetapi tidak sholat 5 waktu...ini sih menurut gue salah besar...
wong yang ada di Rukun islam adalah : Syahadat, sholat, zakat, puasa, Haji...
kalau secara urutan kan berarti sholat yang harus dilakukan duluan
bukan puasa...
kalau dibilang ini bukan urutan...ah masak sih? mualaf aja disuruhnya syahadat dulu untuk mensahkan mereka beriman...

Yaaa banyak sekali orang-orang yang seperti ini, setidaknya di deket lingkungan gue..dan terus terang gue ga sreg dengan kelakuan orang2 ini...gue ga mengatakan diri gue bebas dari kesalahan dan dosa..trust me, I HAVE a very BIG sin in my report book, and could only wish the Merciful to forgive me...but still...ngeliat orang2 ini kok jadi risih ya...ngerasa perbuatan mereka ga masuk akal..padahal mereka adalah orang2 berpendidikan...tapi kenapa ya cara berpikir mereka kok aneh....


No comments: